(TP16S1K11) Inputs 3211

Dalam tahun pembelajaran ke enam belas (TP16) ini, KPB K11 memiliki visi Lingkungan sehat yang masyarakatnya saling membantu untuk meningkatkan kemapanan ekonomi dalam bidang ketersediaan pangan dan akses mudah kepada materi pendidikan bermutu. Dengan orientasi Konsumsi yg bertanggung jawab dan berkelanjutanBerkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama , dan Lingkungan yang harmonis.

Setelah merangkai pemahaman yang disadari, kemampuan yang dimiliki, potensi yang hendak ditindak lanjuti, dan tantangan untuk bertahan dalam proses selangkah demi selangka. Kelompok Turi pun menetapkan kerangka kerja logis yang akan menjadi batasan dari semua kegiatan yang akan dijalani bersama untuk berjuang mewujudkan visi yang disetujui dan bertahan pada orientasi yang telah disepakati.

Dalam batasan kerangka kerja logis yang telah disusun bersama, kelompok turi perlu melakukan aktivitas (input) untuk menghasilkan produk-produk tertentu (output). Sehingga dampak yang terjadi (outcome) bisa menjaga orientasi (goals) sehingga perwujudan visi yang diharapkan semakin dekat.
Kemandirian bekerja bisa dilihat di scrum method K11 ini.

---

Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan oleh kelompok turi adalah Menyimak, merespon baik, & mencatat bahasan.

K11 akan banyak terlibat dalam upaya komunitas internal Semi Palar membangun sistem koperasi. Yang dalam prosesnya akan banyak pertemuan dan aktivitas-aktivitas bersama. Bentuk pertemuan dan aktivitas memang belum dapat dipastikan, sehingga kelompok turi berkomitmen untuk menjadikan ruang ini sebagai sarana belajar pengolahan gagasan menjadi tawaran aksi yang memungkinkan dilaksanakan.

Asumsi terpilih untuk menjadi acuan dan perlu dipenuhi untuk mendukung terlaksananya aktivitas ini adalah Keterampilan pemetaan situasi lingkungan sekitar (SWOT, ancaman kerentanan kapasitas akses). Dalam memenuhi asumsi ini kelompok turi merencanakan pengadaan proses Belajar keterampilan pemetaan dasar pada 18 September 2020.

Catatan proses tertuliskan pada kolom balasan.

You need to be a member of Ririungan Semi Palar to add comments!

Join Ririungan Semi Palar

Votes: 0
Email me when people reply –

Replies

  • Setelah menyelesaikan step sebelumnya yaitu membuat pertanyaan mengenai arah proyek mandiri yang aku buat mengenai olahraga, setelah ini aku harus mencari siapa saja yang cocok untuk mengisi responden ini siapa saja yang mengerti dan bisa dimintai pendapatnya. Setelah pendapat-pendapatnya dikumpulkan aku harus mengumpulkannya dan menyimpulkannya agar bisa mengerucut dan dibuatlah rumusan masalah yang berahkir ke solusi, solusi tersebutlah yang saya akan buat menjadi sebuah proyek yang belum tau kelanjutannya seperti apa

  • Kemarin aku sudah sempat membuat dan menyusun pertanyaan. Untuk mendapatkan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang sudah aku buat adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan responden yang tepat. Aku akan melakukan riset kira-kira siapa saja yang memiliki ketertarikan dan ahli dalam bidang menari.Untuk mencari responden yang tepat mungkin aku bisa mencarinya di lingkungan smipa, seperti kakak, orang tua, atau mungkin teman-teman dari klab tari. Kemudian aku juga bisa mencarinya diluar, seperti di tempat nari yang ada. Jika sudah mendapatkan orang yang sesuai, aku bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sudah aku buat ke mereka. 

  • Dari pertanyaan yang sudah aku susun kemarin, aku harus menentukan cara yang tepat agar pertanyaan2 tersebut bisa terjawab.  Caraku untuk bisa mendapatkan jawaban yang sesuai dari pertanyaan tersebut adalah menentukan responden yang sesuai.  Aku akan mencari dan riset terlebih dahulu, kira-kira siapa saja yang menyukai dan mahir  bidang memasak, mungkin bisa lihat di ririungan Klab Memasak, cek di grup dll.  Setelah itu, aku baru akan menyebarkan pertanyaan dlm bentuk survey ke orang yg memiliki minat sesuai. Selanjutnya aku akan merekap dan melihat hasil survey dan mungkin berkolaborasi dengan orang2 tersebut dalam suatu proyek.  Bentuk proyeknya sendiri aku masih belum kebayang akan seperti apa.

  • Selasa, 22 September 2020

    Pembuatan Skenario 'tindak lanjut' dari pertanyaan (asesmen) yang telah dikumpulkan. (https://semipalar.ning.com/groups/kpb/forum/tp16s1k11-inputs-2222)

    -> Untuk mengumpulkan data yang berisi profil orang / narasumber yang akan diundang; dari pertanyaan-pertanyaan yang sudah dikumpulkan, dapatkan & kumpulkan jawabannya dari orang / narasumber itu dengan cara & etika yang baik dan sopan.

    • Kumpulkan pertanyaan dan dapatkan jawabannya yang berkaitan dengan perencanaan / kebutuhan kegiatan, seperti untuk menemukan narasumber yang 'tepat' sehingga suatu acara dapat berlangsung sesuai dengan tema & topik pembahasan yang telah direncanakan, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu profil dan data narasumber yang akan diundang https://semipalar.ning.com/groups/kpb/forum/tp16s1k11-inputs-2222

     

    -> Dari perencanaan kegiatan yang telah dibuat, ketahui tema & topik pembahasan yang akan dibawakan. Ko-Operasi bersama narasumber adalah terbentuknya rencana materi pembahasan yang akan disampaikan pada kegiatan itu (konten).

     

    -> Rencana tindak lanjut selanjutnya, mengenai hal yang dapat dilakukan di saat kegiatan / acara telah diselenggarakan (selesai) juga sudah bisa mulai ditentukan, seperti:

    • Bentuk publikasi dari dokumentasi kegiatan; dapat dibuat dengan menjadikannya sebuah karya visual kreatifvideovlogdokumentasi kegiatan yang disampaikan dengan 'kreatif', bahkan gambar atau bentuk seni lainnya yang diciptakan dari pengalaman kegiatan yang telah diselenggarakan.
  • Hari ini tanggal 18 September 2020 aku dan teman-teman memulai kelas belajar keterampilan dasar, asesmen dan pengumpulan data. Kelas ini kami hari ini mulai dengan pembukaan dan pembahasan yang di pandu oleh Kak Leo, pembahasan yang kami lakukan mengenai cara kerja kelas yang tidak sekedar materi yang didapat namun juga aku dan Denzel pikirkan untuk langsung belajar melalui praktek. Dengan bantuan Kak Leo yang sudah mengerti dengan luas hal ini kami akhirnya dapat melakukan tugas yang hari ini dilakukan yaitu dengan membuat pertanyaan Demografis, Geografis, dan konten, lalu kami juga melakukan riset kecil mengenai etika dari setiap konten masing-masing. Hari ini kelas berjalan dengan sangat lancar, proses komunikasi antar teman untuk kerjasama menentukan pertanyaan demografis dan geografis berjalan sangat baik. Komunikasi yang baik adalah kunci dari hasil yang maksimal kami pula saling membantu satu sama lain bila ada yang perlu bantuan atau belum terlalu mengerti.

    Untuk tindakan selanjutnya akan dilakukan minggu depan yaitu mulai melakukan asesmen dan pengumpulan data dengan metode yang masih harus dipilih mungkin salah satunya adalah survey. Untuk bahannya sendiri sudah kami siapkan pertanyaan yang sudah dibuat. Lalu tindak lanjut dari survey pula akan kami pikirkan lagi, yang jelas hasil dari survey akan sangat terpakai untuk kedepannya mau di koperasi Smipa yang mendatang ataupun hanya jadi data saja.

  • 15 September 2020 aku menyerahkan proposal dan undangan yang sudah dirancang kami (Denzel dan Linus) sebagai penanggung jawab proyek kelas pemetaan dasar, asesmen dan pengumpulan data. 

    Ini adalah proposal ToR dan undangan yang sudah kami buat :
    https://drive.google.com/drive/folders/1RAgaGSRjP9DWREoB4exshBnKotU...

    Kelas belajar keterampilan pemetaan dasar x asesmen - Google Drive
  • Hari ini aku mengerjakan undangan dan juga memperbaiki proposal sedikit biar lebih rapih... Aku sendiri mengerjakan proyek ini bersama denzel... Aku sendiri punya kendala teknis sehingga tadi Denzel lebih banyak mengerjakan undangan untuk pematerinya. Namun aku bantu merapihkan dan mengecek ulang kerjaannya

  • Proyek ini adalah proyek yang menyediakan kelas belajar mengenai keterampilan pemetaan dasar yang juga berkolaborasi dengan Denzel yang proyeknya merupakan kelas belajar asesmen dan pengumpulan data. Proyek ini kami buat karena menurut kami pemetaan dasar, asesmen dan pengumpulan data merupakan sebuah keterampilan dasar yang sangat diperlukan untuk proses kami selama di KPB oleh karena itu aku dan Denzel menciptakan kelas ini untuk belajar bersama mengenai hal tersebut.

    Aku dan Denzel merasa bisa kolaborasi karena kedua proyek ini berkaitan dan juga mengalir... Dengan adanya pemetaan dasar lingkungan sekitar kami jadi tahu asesmen kelas dan juga lanjut lagi bagaimana caranya mengambil data dari pemetaan dasar serta asesmen tersebut.

    Aku dan Denzel sampai saat ini sudah membuat proposal ToR yang sudah di approve oleh kak Leo. Proposal yang kami buat mencakup tujuan, latar belakang, metoda, rincian kegiatan yang dibuat untuk di ajukan agar kelas dapat dilaksanakan. Semua hal ini juga aku dan Denzel sudah melakukan riset secara mandiri sehingga kami kurang lebih kebayang apa sih materi yang diperlukan.

    Untuk kedepannya aku dan Denzel akan membuat undangan untuk pemateri yang juga sudah kami tentukan, lalu tinggal diajukan dan melakukan pelaksanaan setelah itu jelas evaluasi akan diperlukan...

This reply was deleted.