(TP16S1K11) Inputs 1222

Dalam tahun pembelajaran ke enam belas (TP16) ini, KPB K11 memiliki visi Lingkungan sehat yang masyarakatnya saling membantu untuk meningkatkan kemapanan ekonomi dalam bidang ketersediaan pangan dan akses mudah kepada materi pendidikan bermutu. Dengan orientasi Konsumsi yg bertanggung jawab dan berkelanjutanBerkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama , dan Lingkungan yang harmonis.

Setelah merangkai pemahaman yang disadari, kemampuan yang dimiliki, potensi yang hendak ditindak lanjuti, dan tantangan untuk bertahan dalam proses selangkah demi selangka. Kelompok Turi pun menetapkan kerangka kerja logis yang akan menjadi batasan dari semua kegiatan yang akan dijalani bersama untuk berjuang mewujudkan visi yang disetujui dan bertahan pada orientasi yang telah disepakati.

Dalam batasan kerangka kerja logis yang telah disusun bersama, kelompok turi perlu melakukan aktivitas (input) untuk menghasilkan produk-produk tertentu (output). Sehingga dampak yang terjadi (outcome) bisa menjaga orientasi (goals) sehingga perwujudan visi yang diharapkan semakin dekat.
Kemandirian bekerja bisa dilihat di scrum method K11 ini.

---

Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan oleh kelompok turi adalah Terlibat di komunitas internal smipa melalui koperasi smipa.

K11 akan banyak terlibat dalam upaya komunitas internal Semi Palar membangun sistem koperasi. Yang dalam prosesnya akan banyak pertemuan dan aktivitas-aktivitas bersama. Bentuk pertemuan dan aktivitas memang belum dapat dipastikan, sehingga kelompok turi berkomitmen untuk menjadikan ruang ini sebagai sarana belajar pengolahan gagasan menjadi tawaran aksi yang memungkinkan dilaksanakan.

Asumsi terpilih untuk menjadi acuan dan perlu dipenuhi untuk mendukung terlaksananya aktivitas ini adalah Tanggung jawab terbatas sesuai dengan kemampuan K11 secara individu & kelompok. Dalam memenuhi asumsi ini kelompok turi merencanakan pengadaan proses Pelatihan dasar koperasi Smipa pada 16,21,29 September 2020.

Catatan proses tertuliskan pada kolom balasan.

____________

Kelas Sessi 1 - 16 September 2020 10:10-12:00WIB

Sessi 1

_____________________________________________________________________________

Sessi 2 | Senin, 21 September 2020 Pkl. 13:30-15:00WIB | Materi bisa diunduh di: KLIK DI SINI

 

 

Sessi 3

You need to be a member of Ririungan Semi Palar to add comments!

Join Ririungan Semi Palar

Votes: 0
Email me when people reply –

Replies

  • Hari ini aku melaksanakan kelas pelatihan dasar koperasi sesi 2, dengan narasumber Ibu Heira Hardiyanti.  Jujur aku panik banget mau mengadakan kelas ini, karena kelas ini diadakan cukup sore, jadi deg2annya lama banget, HAHAHA.  Tadi tidak banyak kendala seperti minggu lalu, narasumbernya oke, materi yang diberikan banyak sekali dan sangat melengkapi materi di kelas sebelumnya.  Namun, aku masih merasa kurang baik selama menjadi moderator, kurang menggunakan bahasa formal dan masih banyak lagi, pokoknya masih banyakkk yang harus aku perbaiki.  Perasaanku deg2an banget selama kelas berlangsung, walaupun ga sepanik waktu kelas pertama.  Peserta kelas ini juga ga sebanyak minggu lalu, jadi aku bisa lebih tenang.  Namun untungnya walaupun tidak sebanyak minggu lalu, jumlah pesertanya sudah mencapai indikator.  Yang selanjutnya, aku harus lebih banyak persiapan karena udh 2 kelas aku masih merasa tidak puas saat menjadi moderator.  Harus lebih sigap juga kalau ada masalah, jadi bisa langsung terselesaikan dan ga malu diliatin banyak peserta.

  • Hari ini aku menghubungi narasumber kedua, memberikan skenario dan arahan baru karena kebetulan di kelas kedua ini ada perubahan waktu. Aku juga mengontak beberapa orang yang membantu keberlangsungan kelas ini. Setelah itu aku melakukan publikasi untuk kelas kedua, tapi baru yang di WA.  Rencananya sore aku baru akan melakukan publikasi di IG karena masih ada beberapa hal yang harus didiskusikan. Selanjutnya aku juga update di event NING dan berdiskusi dengan kelas perihal publikasi dan skenario kelas semesta.  Jujur hari ini aku keteteran banget mengerjakan to do list, mungkin krn kurang persiapan ditambah lg ada tugas dari kelas asesmen yang sedikit menyita waktu.  Selanjutnya aku harus mempersiapkan diriku untuk hari Senin dan memahami materi untuk kelasnya, agar bisa menjadi moderator yg lebih baik dibanding kemarin.

  • Hari ini aku mendiskusikan dan menyiapkan kelas koperasi kedua yang akan dilaksanakan Senin, 21 September 2020. Aku menyebarkan beberapa pertanyaan ke peserta kelas pertama,perihal waktu pengadaan kelas.  Aku memberikan pertanyaan ini, untuk menindaklanjuti masukan dan pertanyaan yang didapat kemarin.   Ada beberapa peserta yang ingin ikut, namun jamnya bentrok dengan jam anak sekolah, sehingga aku mempertimbangkan kembali jam pelaksanaan kelas dan lingkup audiens untuk kelas selanjutnya.  Kebetulan tadi K11 ada jam G-meet dan saat itu, aku menanyakan pendapat masing2 orang mengenai kelas, apakah akan diadakan seperti kemarin jam 10-12 atau diganti menjadi lebih siang jam 13-15.  Aku juga menanyakan perihal audiens kelas selanjutnya, apakah akan dibuka untuk umum lagi atau hanya untuk KPB saja.  Dari hasil diskusi sepertinya kelas kedua ini akan diadakan jam 13-15 dengan audiens seluruh warga SMIPA, namun aku masih menunggu respon dari beberapa peserta yang kemarin mengikuti kelas. Selanjutnya, setelah semua jawaban direkap, aku akan membuat keputusan akhir dan mengabari narasumber, bersedia atau tidak.  Perasaanku hari ini cukup oke karena bisa mengerjakan banyak hal dan belajar menindaklanjuti masukan dari peserta. Aku jadi cukup terbayang kedepannya kalau ada masukkan lagi harus gimana memprosesnya, karena jujur aja selama ini kadang aku bingung gimana memprosesnya dengan baik. 

    • Sore ini, aku sempat melanjutkan mengerjakan skenario dan membuat poster untuk publikasi kelas kedua.  Aku mengerjakannya cukup sore, karena mendapat kepastian dari narsumnya sedikit lama, belum lagi aku harus berdiskusi dengan kakak terlebih dahulu setelah dapet info dari narsum. Setelah membuat keputusan, aku membuat skenario dan mendiskusikannya dengan kakak.  Besok aku harus mendiskusikan skenario yg aku buat dgn kelas, memasukkannya ke ririungan dan melakukan publikasi di IG terkait KS Koperasi 2.

  • Dari kelas semesta hari ini mengenai pelatihan dasar koperasi, dengan narasumber Pak Basuki, ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita pelajari. Mulai dari mafaat koperasi, prisip dasar koperasi hingga bagaimana menjadi anggota yang baik dalam sebuah koperasi. Lalu Pak Basuki juga memberikan beberapa tips agar sebuah koperasi bisa berjalan dengan baik. Ditambah lagi dengan pertanyaan-pertanyaan menari dari para peserta, yang membuat aku mendapatkan hal-hal baru lebih banyak lagi. Dan aku rasa denagan adanya kelas ini membuat aku menjadi mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai koperasi.

  • Rabu, 16 September 2020

    Jadwal kegiatan kami hari ini salah satunya dan yang paling utama adalah Kelas Semesta "Pelatihan Dasar Koperasi". Kegiatan Kelas Semesta kali ini juga dapat diikuti oleh seluruh warga Semi Palar; murid-murid, kakak fasilitator, dan orang tua.

    Kelas Semesta ini diselenggarakan dengan menggunakan online meeting sebagai media penyampaiannya, karena adanya pandemi virus Corona yang mengharuskan untuk tetap berkegiatan dari rumah.

    Kelas Semesta ini membahas soal 'koperasi', tujuannya agar para warga Smipa dapat mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai kegiatan ber-koperasi.

    Aku sendiri sebenarnya di awal Kelas Semesta ini masih tidak memiliki petunjuk mengenai cara menjalankan koperasi yang baik & benar, cara menjaga hubungan di dalamnya, dan hal lainnya yang belum aku mengerti sama sekali.

    Tapi, berlangsungnya Kelas Semesta ini, dimana narasumber, Pak Basuki menjelaskan tentang koperasi, sekaligus menceritakan pengalaman-pengalamannya, sepertinya aku jadi bisa mulai paham lebih banyak mengenai koperasi.

  •  Hari ini aku mengadakan kelas pelatihan dasar koperasi sesi pertama dengan narasumber Pak Basuki Suhardiman.  Pada kesempatan kali ini, aku menjadi moderator kelas, dan dari kegiatan ini aku belajar cukup banyak hal.  Selain belajar mengenai koperasi, aku juga belajar bagaimana menjadi moderator yang lebih baik. Moderator yang bisa membawa dan mengkondisikan kelas.  Perasaanku saat menjalankan kelas ini adalah senang dan deg-degan.  Cukup bangga dan senang bisa mengundang Pak Basuki untuk sharing mengenai koperasi tapi deg-degan juga, takutnya beberapa org sudah memiliki ekspektasi tersendiri yang ga bisa terealisasi di kelas kali ini.  Untuk kelas selanjutnya, aku harus lebih mempersiapkan banyak hal, belajar dari kelas ini.  Seperti misalnya bagaimana responku saat ada kendala signal dll. 

  • Hari ini aku belajar banyak sekali mengenai koperasi, ilmu yang kami dapat diberi oleh Pak Basuki. Kelas yang diadakan hari ini tanggal 16 September 2020 berjalan cukup lancar menurutku karena enak sekali, fleksibel dan sangat terbuka untuk berdiskusi sehingga ilmu yang didapatpun sangat banyak. Materi yang kami dapat pula sangat banyak mulai dari dasar koperasi (arti, ketentuan, dll), hingga tips and trick dan juga data-data yang sangat diperlukan walaupun memang pusing dan juga banyak sekali yang belum diketahui dan mungkin bukan tingkat kami lagi karena cukup rumit, namun aku belajar banyak dan semoga dari hal ini kami bisa menerapkan ilmu ini di lingkungan (warga) Semipalar.

  • TA, udah oke nih.. Lumayan pencapaian besar sih ini masuknya. Karena ngebuka banyak hal apalagi terkait pencatatan & pemetaan.

    Masukan:

    Intip-intip ini deh

     

  • Hari ini aku melakukan koordinasi dengan kelas mengenai kelas pelatihan dasar koperasi. Perasaanku cukup senang bisa membuat skenario untuk backup tapi aku merasa panik juga karena ini pertanda sebentar lagi kelas sesi pertama akan dimulai.  Jujur deg-degan banget, cuma ya mau ga mau ini harus berjalan.  Untuk menyiapkan diriku, aku melakukan cukup banyak hal, seperti menyiapkan materi, menghubungi narsum dsb.

    Skenario untuk hari Rabu adalah, rencananya jam 09.50 aku akan membuka ruang G-meet. Kemudian jam 10.00 acara dimulai dengan pembukaan dan pengenalan narsum.  Selanjutnya sekitar pukul 10.20, pemaparan materi akan dibawakan oleh Pak Basuki.  Sampai kira-kira pukul 11.30, kemudian masuk ke sesi tanya jawab.  Terakhir penutupan dan ucapan terimakasih.  Kelas ini sendiri akan berlangsung selama 2 jam, dari pukul 10.00-12.00.

    Agar menjalankan kegiatan dengan baik, aku tentunya sudah membuat skenario dan backup orang agar apabila ada kendala bisa langsung diatasi.  Untuk moderator, rencana awalnya aku, untuk backup ada Karmel/Denzel.  Untuk share screen dan record, akan dibackup oleh Abrar.  Besok, aku harus mendiskusikan lagi beberapa hal ke beberapa orang agar kelas pertama ini bisa berjalan dgn baik dan aku bisa mengantisipasi masalah-masalah yang kemungkinan muncul.

This reply was deleted.