Program Partisipasi Komunitas K10 Angkatan 4

Selama semester ini, kelompok K10 Ulap Doyo akan berkegiatan bersama Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB), Yayasan Kuncup Padang Ilalang (KAIL), dan Organisasi pendidikan sejarah budaya Jepang-Indonesia Ryukensei secara intens, dengan kegiatan lain bersama plastaval bank, pengolahan emosi melalui gerak, dsb yang memungkinkan.

Kegiatan yang dialami K10 bersama YPBB adalah melanjutkan proses edukasi pengolahan sampah masyarakat bersama yang telah dimulai semester lalu. Bersama Ryukensei, sebagai respon situasi dimana lingkungan tempat anak-anak tersebut tinggal mengabaikan pentingnya pendidikan dan mengarahkan anak-anak untuk menjadi pekerja di kafe sekitar Dago saja, K10 bekerja sama dalam mengadakan kelas belajar bagi anak-anak di area Dago Giri. Bersama KAIL, belajar metoda berpikir sistem untuk remaja dan rencananya akan mengikuti beberapa kegiatan sebagai relawan.

Banyak cerita, pengalaman, dan penemuan yang membuka pandangan dan ruang pembelajaran. Ada yang menyenangkan, ada yang menyebalkan tentu saja, juga banyak yang rasanya biasa saja karena tidak sesuai selera. Di sini KPB K10 mulai masuk kepada ruang realita sosial bahwa tidak semua hal sesuai dengan ekspektasi dan selera, oleh karena itu adaptasi adalah hal mendasar yang perlu dikuasi. Proses memberikan manfaat bagi lingkungan tempatnya berada, yang dimulai dari menggunakan kemandirian diri untuk berkarya, dapat dilihat dari pencatatan di ruang ini.

Silakan.

You need to be a member of Ririungan Semi Palar to add comments!

Join Ririungan Semi Palar

Votes: 0
Email me when people reply –

Replies

  • Mengajar dan Belajar bersama Ryukenshei
     
    Dalam kegiatan ini K-10 Ulap Doyo mendapat kesempatan untuk mengajarkan anak-anak yang ada di daerah Dago Giri bersama Ryukenshei. Pertemuan diadakan setiap seminggu sekali pada hari Senin, jam 13:00, setelah kami kegiatan KPB Semi Palar. 

     

    Mata pelajaran apa saja yang kami ajarkan?

    • Matematika
    • Bahasa Inggris
    Anggota per-tim:
     
    - Tim Matematika - Karmel, Tasha, dan Denzel
     
    - Tim Inggris - Bimo, Abrar, Linus, dan Marius
     
    Setiap kelompok bertugas merencanakan materi belajar, jadwal kegiatan-kegiatannya, hingga membuat PR (pekerjaan rumah) untuk anak-anak.
     
    Di sini kami semua bukan hanya mengajar, tapi juga sebagai teman bagi anak-anak yang kami ajarkan. Kami pun juga kembali belajar dari pengalaman-pengalaman yang didapatkan selama melakukan kegiatan ini, dari segala kesalahan, hal-hal yang kurang tepat, bahkan dari perencanaan yang kurang matang. Pastinya setelah semua dipelajari, akan selalu ditingkatkan kualitas kami dalam mengajar.
  • Berkegiatan bersama lembaga YPBB

    (Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi)

    KPB K-10 Ulap Doyo juga mendapat kesempatan untuk berkegiatan bersama lembaga YPBB. Apa saja yang kami lakukan? Inti utama dalam berkegiatan bersama lembaga ini adalah belajar mengedukasi.

    Ya, salah satu tujuan utama kami adalah mempelajari bagaimana caranya agar dapat mengedukasi masyarakat sekitar mengenai perubahan dalam mengurus sampah-sampah. Maksud dari kegiatan yang dilakukan adalah mengajak masyarakat untuk merubah kebiasaan yang berujung pada produksi sampah yang sangat banyak jumlahnya. Seperti dengan kembali ke gaya hidup 'serba organik' - mengurangi pemakaian kantong kresek dengan menggunakan wadah sendiri, memakai barang-barang yang bersifat organik (tidak sekali pakai langsung buang), dan lain-lainnya.

     

    Berikut ini merupakan 2 kegiatan yang kami lakukan bersama YPBB :

    DTDE (Door to Door Education) Mengedukasi / mengenalkan warga dengan cara-cara mengurangi produksi sampah

    DTDC (Door to Door Collection) : Memantau perkembangan sistem sampah dalam lingkungan warga

    Seru dengan pengalaman-pengalaman baru yang kami alami bersama. Mulai dari pengalaman yang seru, menyenangkan, aneh, hingga membuat prihatin. Kami juga bertemu dengan orang-orang baru dan pastinya juga belajar banyak dari kegiatan-kegiatan yang kami lakukan bersama YPBB.

    (:

This reply was deleted.