AES066 Membantu Anak Membinarkan Cahaya Bintangnya...

Hari ini hari terakhir kita semua menyiapkan guliran pembelajaran di TP17 ini. Kakak2 baru saja menuntaskan ulasan program, di mana kakak2 memaparkan dan berbincang tentang rencana pembelajaran, tema yang dirancang, kegiatan maupun proyek-proyek yang direncanakan. 

Filem di bawah ini saya dedikasikan untuk kakak2 Smipa yang tahun ini mengawal pembelajaran anak-anak di Smipa. Saya melihat filem ini sangat menggambarkan proses kita semua di Rumah Belajar Semi Palar, bahwa kakak-kakak Smipa, dalam praktiknya belajar juga, dalam prosesnya juga mengalami tantangan dan hambatan. Sejalan dengan itu, kakak perlu menyadari penuh bahwa kakak-kakak hadir di Semi Palar untuk membantu proses tumbuh kembang semua anak tanpa kecuali. Dengan demikian, kakak perlu berusaha mencari cara bagaimana memfasilitasi anak-anak yang didampingi belajar hari demi hari agar bisa terus membangun diri, mencoba, gagal, mencoba lagi, demikian seterusnya... 

Ekspresi yang ditampilkan tokoh utama dalam filem pendek ini (Mara) juga bagus ya kakak-kakak? Ada ekspresi bingung, ada ekspresi ketidak-tahuan, tapi Mara tidak berhenti berusaha. Mara terus berusaha mencari cara untuk membantu si kecil untuk bisa terbang dan... (selanjutnya silakan saksikan sendiri filemnya) supaya ga jadi spoiler.  Jangan lupa earphone / headphone dan klik/tap fullscreen ya kakak...  

 

Menurut saya filem ini dengan manisnya menggambarkan apa yang kakak2 kerjakan hari demi hari saat mendampingi anak-anak di Smipa. Semoga filem ini membantu kakak untuk menemukan BEING-nya kakak semua di awal Tahun Pendidikan ini.  Oh iya setelah tadi mengikuti ulasan program SD-Besar, filem ini nyambung banget ya sama judul tema yang dirancang untuk tema pertama ini. Menutup esai pendek ini, silakan memaknai filem di atas ini buat kakak2 semua. Semoga berkenan. 

 

E-mail me when people leave their comments –

You need to be a member of Ririungan Semi Palar to add comments!

Join Ririungan Semi Palar

Comments

  • reposted to jamroom

     

  • Filem pendek ini dijadikan penutup dari proses perencanaan dan peralihan ke guliran pembelajaran TP17. Kita tonton bareng-bareng (di rumah masing-masing) dan catatan2 pendeknya dituliskan di bawah ini 

    ratri kendra 15:46
    jatuh, bangun, akhirnya terbang, lalu benderang

    Fani Funy 15:46
    Seruuu jadi ingat perjalanan menemanii kelas 1 dari gak tau huruf sampai bisa baca terus melanjutkan petualngannya deh yipiiii

    Gina mirdan 15:47
    tadi udah sempet diskusi juga soal film ini. tangkapan yang paling menarik itu usaha membantu walau kita juga belum tentu mampu.

    Rosmelia Lestari 15:47
    Merasa relate, ada sisi bingung, mikir, coba, gagal, coba lagi, gagal lagi. Saat ini belum melihat anak-anak menggantukan bintangnya, semoga segera. Kita adalah mara-mara (bukan marah-marah wqwq)

    Tesa Putri Permatasari 15:47
    Jangan merasa bahwa kegagalan itu akhir dari segalanya. Ketika belum berhasil, berusaha coba lagi, bangkit lagi. Dengan sepenuh hati, dengan kerja keras semua juga akan berhasil pada waktunya

    dita irjayana 15:47
    Sama seperti kita, Mara, menemui berbagai kesulitan dan tantangan dalam mewujudkan mimpinya. Yang penting dalam perjalanan ini adalah tetap berusaha. Boleh jatuh tapi jangan diam. Terus mencoba!

    Leo Amurist 15:47
    blueprint yang ga ternyatakan pun punya guna nya tersendiri di kenyataan 😋 semacam ga ada yang percuma, kecuali di lagu naik kereta api bandung surabaya

    Robertus Saliman 15:48
    Coba - agak berhasil - tingkatkan - semakin mendekati - tingkatkan lagi - berhasil

    Novita Dwi Megasari 15:48
    tentang proses, terus berusha walau gagal berkali-kali tapi terus mencoba. sampai akhirnya berhasil.

    R Halimatusa'diah 15:48
    Terharu apalagi pas lihat bintangnya menyala dan bersinar. Jadi, jangan berhenti berusaha. Usaha kita pasti ada hasilnya.

    Mutiara Aeni 15:48
    Merasa seperti apa yg sedang saya rasakan sih kak, mulai dari bingung, terus nyoba nanya, konfirmasi lagi, slah kaprah, smpai nanya lagi dan nemuin maksudya oh ini

    Diki Muhammad 15:48
    Masya Allah kak, kepekaan dalam membaca situasi dan terus ikhtiar akan membantu anak menemukan kebahagiaannya.

    Mutiara Zahwa Venissa 15:48
    Mara ini walaupun banyak tantangan dan hambatan tetapi tetap membantu semaksimal mungkin sampai akhirnya berhasil. Mungkin Mara dari situ akan belajar dari kesalahan yang ia buat

    Braja Santika 15:48
    bagaimana kita mau untuk terus melihat dari berbagai sisi dan berani mencoba

    irvanny mertanti 15:48
    "Mengapa tidak mencoba padahal mencoba tidak mengapa"

    Ana Agustina 15:48
    Mara anak yang tidak putus asa, belajar dari sebuah kesempatan, belajar dari kegagal.

    Bayu Taruna Wibisono 15:48
    #tabahsampaiakhir kak. Intinya energi itu perlu sampai ke anak2 kak. Jgn menyerah krn proses menemukan bintang itu ada lika liku yg menarik dan worth dijalanin

    lili sakilah 15:48
    Meskipun sama2 bingung, yang penting usahanya. Ternyata saat berhasil membantu itu menyenangkan

    Jeremia Bonifasius Manurung 
    15:48
    Antara Mara dan yang kecil, keduanya bisa saling tukeran menggambarkan kakak dan anak sekaligus.

    Riyanti Wisnu Setyorini Putri 15:49
    Menonton film itu, mengingatkan aku bahwa proses itu pasti tidak selalu langsung berhasil. Namun ternyata kita perlu terus berusaha dengan semangat. Akhirnya kita bisa mengantarkan bintang itu sampai ke atas langit dan bisa bersinar. Begitu senangnya!

    Tema Lasut 15:49
    Aware sama situasi.. soalnya solusi yang dibutuhkan deket ada disekitar kita. kadang suka terlalu mikir jauh namun sebetulnya ada didiri kita.

    Fauzia Nastiti 15:49
    Gagal, coba lagi, gagal, coba lagi. Tapi akhirnya usahanya Kakak benrbuah baik di anak.

    Matheus Aribowo 15:49
    Fasilitator sebagai batu loncatan. Perhentian sejenak namun tetap berperan. Rela kesulitan, berpikir keras, mencoba banyak hal agar anak-anak kembali pada jalur (diri)nya. Tema 1: Menyalakan Sinar Diri

    Bernadette Daphney 15:49
    mnrut ku mskipun videonya singkat , tapi makna nya dalem yaa.. menggambarkan kalo effort seseorang yang dilakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas pasti akan smpai di hati orang lain jugaa

    ika rizqiyawati 15:50
    Setiap awalan selalu ada tanda tanya atas kebingungan. selalu mencoba lagi coba lagiiii

    Citra Mirasati 15:50
    Terus berusaha, jangan mudah menyerah. Tidak ada salahnya gagal. Dari kegagalan banyak belajar.

    Yanti Suryani 15:50
    Manis banget Kak. Mengingatkan sebuah proses, kegagalan jadi bagian di dalamnya. Tetap mencari, dan berusaha. Yang ternyata jawabannya kita sudah punya.

    maya ulfa 15:50
    Relate banget sama proses 4 tahun menuju 5 tahun di Smipa dari 0 sekali, jatuh bangun belajar, menemani proses anak-anak, sampai pangling lihat perkembangan anak-anak di tahun-tahun berikutnya

    Fifin Agustini Sulaeman 15:50
    menceritakan proses.. dr segala keterbatasan Mara, dia terus mencoba, cari cara, sampai akhirnya dia mengorbankan blue print... taking risk... sampai bintangnya bercahaya... berproses bersama, bukan ngajarin si kecil...

    Kharima Hazar 15:51
    Mara seperti kita kakak-kakak yang selalu berusaha mencari cara menggapai tujuannya. Memutar otak dan mencari jalan sekreatif mungkin agar menjadi sebuah solusi. Dalam hal ini tujuan kakak adalah membimbing anak menemukan bintangnya.

    Asep Ramdan 15:51
    Tadi kan tidak ada dialog, tapi niat baik mah akan meresap menjadi tindakan nyata, seperti keinginan Mara untuk membantu direspon dengan semangat pantang menyerah oleh si kecil

    Anzellya Gustianna Kurniawati Irawan 15:52
    Terharu sih, Kak. Apalagi waktu liat The Pilot udah bisa terbang dan "menyalakan" bintangnya. Terus kaya tatap2an dari jauh sama Mara. Bukan seberapa sering jatuh yang penting. Tapi yang penting bangun lagi setelah jatuh.

    Terima kasih kakak2 atas responnya. Semoga jadi penggenap di awal proses kita di TP17 ini... 
  • Hatur nuhun kak Andy

    Bagi saya yg baru pertama memahami PBL ekspresi pemeran tokoh utama bener2 mewakili saat merancang rencana pembelajaran 6hari ini 😬 🤭

     

This reply was deleted.

Lingkar Blogger Smipa | ayo gabung

Bagi rekan-rekan yang sempat mampir ke laman ini, mari gabung ke Lingkar Blogger Smipa, ruang di mana kita bisa belajar menulis dari teman-teman lainnya.

Mari gabung juga di Atomic Essay Smipa